Resensi Buku : The Economic Naturalist

cx549

  • Judul Buku : The Economic Naturalist : Why Economics Explains Almost Everything
  • Pengarang : Robert H. Frank
  • Penerbit : Virgin Books Ltd.
  • Jumlah Halaman : 242 halaman + 14 halaman pembuka
  • Tahun Terbit : 2007

 

 

 

 

Mengapa kulkas jika pintunya dibuka maka lampunya akan menyala tetapi di freezer tidak? Mengapa toko 24 jam tetap harus memiliki kunci di pintunya? Mengapa banyak restoran yang menyediakan minuman refill gratis? Pertanyaan-pertanyaan tersebut nampakya terdengan tidak penting namun sebenarnya pertanyaan-pertanyaan tersebut menjadi semacam misteri tersendiri mengapa hal-hal tersebut bisa terjadi di kehidupan sehari-hari. Ekonom Robert Frank mengemukakan dalam buku yang berjudul The Economic Naturalist : Why Economics Explains Almost Everything bahwa pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dijawab berdasarkan hal-hal dari bidang ekonomi. Selama bertahun-tahun, Robert Frank juga telah menekankan kepada para muridnya untuk mencoba menggunakan ekonomi untuk memandang situasi-situasi sehari-hari yang nampak aneh dari seseorang dalam berbagai aspek dari pekerjaan, fashion, percintaan, hingga hal-hal yang berbau sains.

Sebagai contoh, mengambil satu pertanyaan yang ada di bab enam, mengapa paus dianggap rentan terhadap kepunahan sedangkan ayam tidak? Pertanyaan ini terkesan tidak berbau ekonomi, namun dalam buku ini bisa dijawab dengan sudut pandang ekonomi. Buku ini menjawab sebenarnya baik paus maupun ayam sama-sama bernilai ekonomis, namun orang-orang menganggap bahwa paus yang ada di lautan bukanlah milik siapapun sehingga tidak jelas arus pertumbuhan populasinya. Hal ini menimbulkan kepanikan jika mereka menangkap terlalu banyak dan ternyata pertumbuhan populasi paus tidak sebanding dengan jumlah yang ditangkap sehingga dikhawatirkan akan mempercepat kepunahan paus. Sedangkan populasi ayam hampir seluruhnya ada pemiliknya sehingga arus pertumbuhan populasinya lebih terkontrol. Itulah sebabnya mengapa populasi paus dianggap rentan terhadap kepunahan tetapi populasi ayam tidak mengkhawatirkan.

Buku berjudul The Economic Naturalist : Why Economics Explains Almost Everything terbitan Virgin Books Ltd. ini dikemas dalam cover yang cukup menarik, dan alur cerita-cerita di buku tersebut amat mudah untuk diikuti.  Bahasa Inggris yang digunakan oleh Robert Frank dalam buku tersebut juga mudah dipahami walaupun oleh orang awam. Cerita-cerita mengenai kasus yang terjadi di kehidupan sehari-hari di buku tersebut disajikan tidak terlalu panjang tetapi cerita yang disajikan dalam buku setebal 242 halaman + 14 halaman pembuka tersebut amat banyak dan terbagi atas sebelas bagian. Buku yang pertama kali diterbitkan di Amerika Serikat pada tahun 2007 dan Inggris Raya pada tahun 2008 ini juga telah menjadi bestseller nomor satu di Sunday Times serta menuai banyak pujian dari berbagai pihak. Daily Mail misalnya menulis “Sangat menarik, memberikan jawaban-jawaban kepada hal-hal dalam kehidupan sehari-hari yang sangat membingungkan”.

Dibekali dengan pembahasan yang menarik serta bahasa yang mudah, buku ini juga bisa menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan oleh mahasiswa ataupun orang-orang yang ingin belajar tentang ekonomi untuk mempelajari lebih dalam tentang ekonomi dan apa kaitannya dengan kejadian sehari-hari dengan pendekatan yang lebih ringan dan menyenangkan. Buku ini bisa menunjukkan sebagai bukti bahwa tidak selamanya ekonomi berkaitan langsung dengan uang karena pada dasarnya ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam menentukan pilihan.

Iklan

2 pemikiran pada “Resensi Buku : The Economic Naturalist

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s